_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"teknikelektronika.com","urls":{"Home":"http://teknikelektronika.com","Category":"http://teknikelektronika.com/category/equipment/","Archive":"http://teknikelektronika.com/2017/05/","Post":"http://teknikelektronika.com/pengertian-komponen-elektronika-aktif-komponen-elektronika-pasif/","Page":"http://teknikelektronika.com/","Attachment":"http://teknikelektronika.com/pengertian-komponen-elektronika-aktif-komponen-elektronika-pasif/pengertian-komponen-elektronika-aktif-dan-komponen-elektronika-pasif/","Nav_menu_item":"http://teknikelektronika.com/778/","Custom_css":"http://teknikelektronika.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Cara Menentukan Jumlah Sampel dengan Rumus Slovin

Cara Menentukan Jumlah Sampel dengan Rumus Slovin

Cara Menentukan Jumlah Sampel dengan Rumus Slovin – Dalam melakukan penelitian pada suatu populasi, kita sering menggunakan sampel untuk mewakili populasi tersebut. Hal ini dikarenakan penelitian dengan menggunakan jumlah populasi secara keseluruhan akan memakan waktu yang lama dan biaya yang sangat besar.  Secara definisi, Populasi dapat diartikan sebagai jumlah dari keseluruhan obyek yang ingin diteliti karakteristiknya. Sedangkan Sampel adalah sebagian dari populasi yang ingin diteliti karakteristik. Sample tersebut dianggap dapat mewakili keseluruhan populasinya. Jadi pada dasarnya, jumlah Sampel akan lebih sedikit dari jumlah populasinya.

Agar sampel yang kita ambil dapat benar-benar mewakili populasinya, kita perlu suatu standar ataupun cara dalam menentukan Sampel. Terdapat banyak cara maupun rumus untuk menentukan jumlah sampel, salah satunya adalah menggunakan rumus Slovin yang sederhana dan mudah dihitung.

Rumus Slovin

Secara Matematis, Rumus Slovin yang kita gunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah sebagai berikut :

n = N / ( 1 + N.(e)2)

Keterangan :

n = Jumlah Sampel
N = Jumlah Total Populasi
e = Batas Toleransi Error

Catatan : Rumus Slovin ini dikutip dari buku Wiratna Sujarweni (2014:16).

Cara Menentukan Jumlah Sampel dengan Rumus Slovin

Berikut ini adalah contoh kasus dalam penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin.

Contoh Kasus :

Di Perusahaan XYZ, seorang Supervisor ditugaskan oleh Manajemennya untuk meneliti adakah pengaruh pemberian tunjangan transportasi terhadap kinerja karyawannya. Jumlah Karyawan pada perusahaan tersebut adalah sebanyak 1000 orang. Untuk menghemat waktu dan biaya, Supervisor tersebut kemudian memutuskan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan sampel berdasarkan rumus slovin, batas toleransi kesalahan yang ditetepkan adalah 10%.

Dibawah ini adalah cara penyelesaiannya.

Rumus Slovin :

n = N / ( 1 + N.(e)2)

n = 1000 / ( 1 + 1000.(10%)2)
n = 1000 / ( 1 + 1000.(0,1)2)
n = 1000 / ( 1 + 1000.(0,01))
n = 1000 / ( 1 + 10)
n = 1000 / 11
n = 90,9 ⇒ dibulatkan menjadi 91 orang.

Perhatikan :

Hal yang perlu diperhatikan bahwa, penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin ini hanya dapat digunakan apabila jumlah populasinya diketahui.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*