_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"teknikelektronika.com","urls":{"Home":"https://teknikelektronika.com","Category":"https://teknikelektronika.com/category/equipment/","Archive":"https://teknikelektronika.com/2018/05/","Post":"https://teknikelektronika.com/pengertian-proximity-sensor-sensor-jarak-jenis-jenis-sensor-proximity/","Page":"https://teknikelektronika.com/","Attachment":"https://teknikelektronika.com/pengertian-proximity-sensor-sensor-jarak-jenis-jenis-sensor-proximity/pengertian-proximity-sensor/","Nav_menu_item":"https://teknikelektronika.com/778/","Custom_css":"https://teknikelektronika.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://teknikelektronika.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee

Pengertian Audio Jack dan Jenis-jenis Audio Jack

Pengertian Audio Jack dan Jenis-jenis Audio Jack – Kita mungkin sering mendengarkan musik ataupun menelepon dengan menggunakan Earphone ataupun Headphone, baik earphone yang diikutsertakan dalam paket penjualan  handphone/smartphone maupun earphone yang kita beli terpisah. Di ujung earphone, terdapat sebuah konektor yang berfungsi untuk menghubungkan speaker dan microphone earphone dengan handphone/ smartphone kita.
Baca juga : Pengertian Konektor (Connector) dan Jenis-jenis Konektor.

Ya, konektor tersebut sering kita sebut dengan istilah “Audio Jack”. Jadi yang dimaksud dengan Audio Jack adalah Konektor yang menghubungkan earphone atau headphone dengan perangkat yang dapat menghasilkan audio seperti Audio Player, Smartphone/Handphone, Komputer PC, Laptop dan alat-alat musik listrik atau Perangkat yang menerima input audio dari mikropon seperti Amplifier (pengeras suara). Nama-nama lain dari Audio Jack diantaranya seperti Phone Jack, Phone Connector, Headphone Jack, Earphone Jack ataupun Jack Plug.

Jenis-jenis Audio Jack

Jika dilihat dari ukurannya, Audio Jack ini ada yang berukuran 2,5mm (3/32 inci), 3,5mm (1/8 inci) dan 6,35mm (¼ inci). Namun jika dilhat dari jumlah konduktornya, Audio Jack ini dapat dibedakan menjadi Audio Jack TS, TRS dan TRRS. Apa yang dimaksud dengan TS, TRS dan TRRS? Silakan baca pembahasan singkatnya dibawah ini.

Pengertian Audio Jack dan Jenis-jenis Audio Jack

A. Audio Jack tipe TS (Tip-Sleeve)

Audio Jack TS (Tip-Sleeve) adalah Audio Jack yang terdiri dari dua konduktor saja yaitu bagian konduktor Tip dan bagian Konduktor Sleeve.  Tip biasanya dihubungkan ke signal audio sedangkan bagian Sleeve dihubungkan ke Ground.  Audio Jack TS ini biasanya digunakan untuk mikrofon ataupun Audio yang bermodel mono (suara kanan dan suara kiri sama saja).

B. Audio Jack tipe TRS (Tip-Ring-Sleeve)

Audio Jack TRS (Tip-Ring-Sleeve) ini memiliki tiga bagian konduktor yaitu konduktor Tip, konduktor Ring dan konduktor Sleeve. Pada umumnya, bagian konduktor Tip dihubungkan ke kanal kiri audio (Left Channel) dan bagian Ring dihubungkan ke kanal kanan audio (Right Channel) sedangkan bagian konduktor Sleeve dihubungkan ke Ground. Audio Jack TRS ini mendukung audio dengan mode Stereo.

C. Audio Jack tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve)

Audio Jack tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve) adalah tipe Audio Jack yang paling lengkap karena terdapat empat bagian konduktor yaitu 1 konduktor Tip, 2 konduktor Ring dan 1 konduktor Sleeve. Biasanya, Audio Jack TRRS yang berukuran 3,5mm ini digunakan untuk mendengarkan musik dan berkomunikasi di hampir semua jenis Smartphone yang beredar di pasaran saat ini. Konfigurasi Audio Jack TRRS ini pada umumnya adalah konduktor Tip untuk audio kanal kiri (Left Channel), konduktor Ring pertama untuk audio kanal kanan (Right Channel), konduktor Ring kedua untuk Ground dan konduktor Sleeve untuk Mikrofon.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*