Rangkaian Lampu Penerangan (Rangkaian Paralel Lampu)

Rangkaian Lampu Penerangan (Rangkaian Paralel Lampu) – Ketika dua atau lebih lampu yang akan dirangkai dalam suatu rangkaian yang dipasok oleh satu sumber energi listrik, kita dapat menggunakan dua jenis rangkaian dasar untuk menghubungkannya. Kedua rangkaian dasar tersebut adalah rangkaian Paralel dan rangkaian Seri. Namun untuk lampu yang digunakan untuk penerangan di rumah tangga ataupun perkantoran, kebanyakan menggunakan rangkaian paralel seperti pada gambar dibawah ini.

Rangkaian Lampu Penerangan Paralel

Gambar diatas menunjukan bahwa semua lampu dihubungkan secara paralel. Pada hubungan paralel ini, menambahkan atau mengurangi satu lampu dari rangkaian tersebut tidak akan berpengaruh terhadap lampu lainnya karena tegangannya akan sama di setiap titik pada rangkaian paralel sedangkan arus yang mengalirnya akan berbeda. Jumlah bola lampu yang dapat ditambahkan pada rangkaian paralel ini tentunya harus sesuai dengan perhitungan beban rangkaian.
Baca juga : Rangkaian Seri dan Paralel Resistor.

Karena setiap bola lampu dihubungkan secara terpisah antara jalur L dan jalur N listrik, jika salah satu bola lampu rusak atau dilepaskan, rangkaian akan bekerja dengan lancar. Lampu-lampu lain yang terhubung di rangkaian ini akan tetap menyala (ON) seperti biasanya. Dengan demikian, kita dapat mengendalikan setiap bola lampu dengan dengan sakelar yang terpasang secara seri dengan bola lampunya. Kita dapat menghidupkan (ON) atau mematikan (OFF) tanpa mempengaruhi bola lampu lainnya. Ini sangat berbeda apabila rangkaian bola lampu ini dipasangkan secara seri dimana apabila salah satu sakelar diputuskan (OFF) maka semua bola lampu yang berada di rangkaian tersebut akan terpengaruh yaitu akan menjadi mati (OFF) semuanya.

Berikut ini adalah contoh rangkaian lampu penerangan untuk mengendalikan tiga lampu dengan tiga sakelar yang terhubung di antara kabel jalur L dan kabel Netral N. Di rangkaian bawah ini jelas terlihat bahwa lampu pertama dan lampu kedua dalam kondisi ON sedangkan lampu ketiga dalam kondisi OFF.

Rangkaian Paralel Lampu Penerangan

Keuntungan dari Rangkaian Lampu Penerangan Paralel

Berikut dibawah ini adalah beberapa keuntungan atau kelebihan apabila rangkaian lampu penerangan kita dihubungkan secara paralel.

  • Setiap lampu atau perangkat dan alat listrik terhubung terpisah dari yang lainnya. Dengan cara ini, menyalakan (ON) atau mematikan(OFF) perangkat tidak akan memengaruhi lampu atau peralatan lain dan pengoperasiannya.
  • Dalam hal terjadi putusnya kabel atau pelepasan lampu apa pun tidak akan memutus semua rangkaian ataupun beban lain yang terhubung. Dengan kata lain, bola lampu (bohlam) lain dan peralatan listrik yang terhubung masih akan bekerja dengan lancar.
  • Kecerahan atau terangnya lampu tidak akan berkurang apabila lebih banyak lampu ditambahkan di rangkaian lampu yang dirangkaikan secara paralel ini. Hal ini dikarenakan tegangannya akan sama di setiap titik dalam rangkaian paralel. Singkatnya, mereka mendapatkan tegangan yang sama dengan tegangan sumber.
  • Dimungkinkan untuk menambahkan lebih banyak titik lampu dan titik beban pada sirkuit paralel sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang sejauh rangkaian yang bersangkutan tidak kelebihan beban.
  • Menambahkan perangkat dan komponen tambahan tidak akan meningkatkan resistansi tetapi akan mengurangi resistansi keseluruhan dari sirkuit terutama ketika perangkat dengan peringkat arus tinggi digunakan seperti AC dan pemanas listrik.
  • Kabel paralel lebih dapat diandalkan, aman dan mudah digunakan.

Kekurangan Rangkaian Lampu Penerangan Paralel

Meskipun memiliki berbagai kelebihan dan keuntungan, Rangkaian Lampu Paralel juga memiliki kelemahan atau kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan rangkaian lampu penerangan paralel.

  • Memerlukan ukuran kabel dan jumlah kabel yang lebih banyak dalam rangkaian lampu penerangan paralel.
  • Membutuhkan arus listrik yang lebih banyak ketika bola lampu tambahan ditambahkan di rangkaian paralel.
  • Baterai akan lebih cepat habis untuk instalasi DC.
  • Perkabelan rangkaian lampu penerangan paralel lebih kompleks dibandingkan kabel seri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*