Perbedaan CPU dan GPU (Central Processing Unit dan Graphics Processing Unit)

perbedaan CPU dan GPU

Perbedaan CPU dan GPU (Central Processing Unit dan Graphics Processing Unit) – CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit) memiliki beberapa fitur umum yang sama, contohnya seperti kedua-duanya merupakan prosesor yang terbuat dari jutaan transistor semikonduktor dan kedua-duanya juga mampu melakukan proses digital dengan menggunakan beberapa algoritma. Namun pada dasarnya CPU dan GPU merupakan 2 perangkat yang berbeda.

CPU (Central Processing Unit) bekerja sama dengan GPU (Graphics Processing Unit) untuk meningkatkan throughput data dan jumlah perhitungan secara bersamaan dalam suatu aplikasi. GPU pada awalnya dirancang untuk membuat gambar untuk grafik komputer dan konsol video game, tetapi sejak awal tahun 2010, GPU juga dapat digunakan untuk mempercepat perhitungan yang melibatkan sejumlah besar data.

Namun CPU tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh GPU, GPU hanya melengkapi arsitektur CPU dengan memungkinkan penghitungan berulang dalam aplikasi dijalankan secara paralel sementara untuk program utamanya terus berjalan di CPU. CPU dapat dianggap sebagai taskmaster dari seluruh sistem, mengoordinasikan berbagai tugas komputasi tujuan umum dengan GPU melakukan rentang tugas yang lebih khusus (biasanya matematika). Menggunakan kekuatan paralelisme, GPU dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam jumlah waktu yang sama dibandingkan dengan CPU.
Baca juga :Pengertiaan Microprocessor dan

Apa itu CPU (Central Processing Unit) ?

Central Processing Unit atau CPU terdiri dari jutaan transistor dan biasanya disebut sebagai otak dari komputer mana pun yang bertanggung jawab untuk memproses data apa pun secara digital. CPU terdiri dari ALU atau Arithmetic Logic Unit (unit logika aritmatika), CU atau Control Unit (Unit Kontrol)  dan Memori. Tugas ALU adalah melakukan operasi aritmatika atau logika pada data yang disediakan oleh memori dan unit kontrol mengontrol aliran data.

Apa itu GPU (Graphics Processing Unit) ?

Graphic Processing Unit yang disingkat GPU atau biasanya disebut Kartu Grafik atau kartu video ini adalah mikroprosesor tujuan khusus yang dirancang dan dioptimalkan untuk memproses data grafis. GPU mengubah data dari satu format grafik ke format lain atau membuat gambar 2D atau 3D yang disebut rendering.

GPU terbuat dari inti pemrosesan yang relatif lebih banyak tetapi lebih lemah daripada CPU. Core atau inti adalah sekelompok ALU yang dirancang untuk mengeksekusi instruksi sederhana dalam pengulangan. Rendering adalah operasi aritmatika sederhana yang dilakukan berulang-ulang. Jadi tidak diperlukan prosesor dengan kemampuan jangkauan luas melainkan prosesor dengan beberapa inti paralel dengan jumlah instruksi yang terbatas.

Manfaat menggunakan sejumlah besar inti adalah untuk memberikan throughput tinggi, eksekusi beberapa instruksi pada saat yang sama. Inilah yang membuat GPU lebih cepat dan lebih baik daripada CPU dalam merender data visual.

GPU paling baik dalam melakukan tugas berulang sederhana secara intensif, oleh karena itu dapat digunakan untuk tugas non-grafis sederhana juga seperti penambangan bitcoin dan decoding kata sandi yang bergantung pada data besar yang dapat diproses secara paralel.
Baca juga : Pengertian Microprocessor dan Cara Kerjanya

Perbedaan Utama CPU dan GPU

  • GPU dirancang untuk merender gambar, terutama dalam bermain game. Sedankan CPU digunakan untuk mengeksekusi instruksi program sesuai dengan operasi seperti aritmatika, logika, I/O, kontrol dan lain-lainnya
  • GPU terutama dioptimalkan untuk throughput, sedangkan CPU terutama berfokus pada latensi rendah.
  • Sebuah GPU tunggal terdiri dari ribuan core yang memiliki clock pada frekuensi kira-kira 1GHz. Di sisi lain, core pada CPU jauh lebih sedikit dengan clock pada frekuensi 2-3 GHz.
  • Operasi data paralel dapat dilakukan di GPU karena jumlah inti (core) yang tinggi, yang tidak mungkin dilakukan di CPU karena mengandung jumlah inti atau core yang lebih sedikit.
  • GPU memberikan kecepatan pemrosesan yang sangat tinggi dan cocok untuk aplikasi yang lebih besar, sedangkan CPU memberikan kecepatan pemrosesan yang lambat dan cocok untuk aplikasi kecil.
  • Kebutuhan memori untuk GPU rendah, sedangkan kebutuhan memori untuk CPU lebih tinggi dibandingkan dengan GPU.

Tabel Perbedaan GPU dan GPU

CPU GPU
CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit  GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit
CPU adalah prosesor tujuan umum  GPU adalah prosesor tujuan khusus
CPU lebih fleksibel dengan set instruksi yang lebih besar dan dapat melakukan berbagai tugas  GPU memiliki instruksi terbatas dan hanya mampu melakukan tugas yang berhubungan dengan grafis
Biasanya dapat menjalankan segala jenis tugas termasuk grafik tetapi tidak dengan cara yang sangat optimal  Sementara satu-satunya tujuan GPU adalah memproses gambar dan grafik 3d jauh lebih cepat daripada CPU
CPU mungkin memiliki beberapa inti yang kuat untuk mendistribusikan beban kerja  GPU terbuat dari beberapa inti yang lebih lemah dan hanya untuk melakukan operasi berulang yang sederhana
Kecepatan pemrosesannya sangat tinggi dan berjalan pada kecepatan clock yang sangat tinggi sekitar 3 hingga 5 GHz tetapi lebih sedikit inti pemrosesan  Ini berjalan pada kecepatan clock yang lebih rendah sekitar 800 MHz tetapi memiliki ratusan hingga ribuan inti pemrosesan
CPU membutuhkan lebih banyak RAM memori dibandingkan dengan GPU GPU membutuhkan sedikit RAM dibandingkan dengan CPU, itulah sebabnya GPU terintegrasi berbagi RAM dengan CPU
CPU terutama berfokus pada latensi rendah (waktu tunda antara instruksi dan transfer data)  GPU berfokus pada throughput maksimum (paralelisme, jumlah eksekusi instruksi dalam interval waktu)
CPU dioptimalkan untuk operasi instruksi sekuensial  GPU dioptimalkan untuk operasi instruksi paralel
CPU berkonsentrasi pada perhitungan data yang diterima  Sementara GPU menerima data dari CPU dan menghasilkan gambar visual yang sesuai
Berinteraksi dengan beberapa komponen komputer seperti RAM, ROM dan port I/O untuk melakukan instruksi GPU hanya Berinteraksi dengan memori & unit tampilan untuk memutuskan bagaimana menampilkan piksel di layar

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*