Mobil Listrik dan Jenis-jenisnya

Mobil Listrik dan Jenis-jenisnya – Kendaran Listrik atau Mobil listrik adalah kendaraan yang sebagian atau seluruhnya ditenagai oleh listrik dari baterai. Dengan kata lain, mobil listrik adalah mobil yang digerakan oleh motor listrik dengan menggunakan energi listrik yang disimpan di dalam baterai. Dalam bahasa Inggris, Kendaraan Listrik ini disebut juga dengan Electric Vehicle atau sering disingkat dengan singkatan EV.

Dapat dikatakan bahwa Kendaran Listrik merupakan masa depan otomotif karena diyakini lebih ramah lingkungan dan lebih rendah biaya operasionalnya. Disamping itu, semakin banyak negara dan perusahaan swasta yang mendukung perkembangan  mobil listrik ini akan mempercepat penggunaan mobil listrik di masa depan sehingga tidak tertutup kemungkinan akan banyak kendaraan bahan bakar fosil digantikan oleh mobil listrik ini.
Baca juga : Pengertian Baterai dan Jenis-jenisnya.

mobil listrik dan jenis-jenisnya

Jenis-jenis Mobil Listrik (Electric Vehicle)

Sebelum kita lanjut membahas tentang cara kerja Mobil Listrik, kita sebaiknya mengetahui jenis-jenis Mobil Listrik ini. Berikut ini adalah 4 jenis mobil listrik.

  • Battery Electric Vehicle (BEV), yaitu kendaraan atau mobil yang beroperasi sepenuhnya dengan menggunakan listrik di baterai.
  • Hybrid Electric Vehicle (HEV), yaitu Mobil yang menggunakan dua sistem penggerak, yaitu mesin pembakaran (ICE) dan motor traksi listrik. Pada mobil jenis HEV ini, baterai hanya dapat diisi oleh putaran mesin dan gerakan roda ataupun kombinasi keduanya
  • Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yaitu mobil jenis hibrid yang memiliki mesin pembakaran (ICE) dan motor traksi listrik. Selain dapat mengisi baterai dari putaran mesin dan gerakan roda, baterai mobil hybrid jenis PHEV ini dapat mengisi baterai dari sumber listrik external.
  • Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), yaitu mobil yang menggunakan teknologi Fuel Cell untuk menghasilkan energi listrik. Teknologi Fuel Cell adalah Teknologi yang menggunakan oksigen dari udara dan hidrogen terkompresi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*