Pengertian DPI atau Dots per Inch (Titik Per Inci)

Pengertian DPI (Dots per Inch) – DPI adalah singkatan dari Dots per Inch atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Titik per Inci. DPI pada umumnya mengacu pada nilai resolusi Printer fisik yang mereproduksi gambar dengan mengeluarkan titik-titik kecil. Jumlah titik-titik kecil pada setiap Inci-nya ini mempengaruhi jumlah detail dan kualitas hasil cetak secara keseluruhan. Semakin banyak titik per incinya semakin tajam dan kualitas gambarnya.

Contohnya pada sebuah printer yang memiliki spesifikasi 300dpi. Artinya, printer tersebut dapat mengeluarkan 300 titik per incinya. Printer Inkjet pada dasarnya dapat menghasilkan resolusi sekitar 300dpi hingga 720dpi, sedangkan Printer Laser menghasilkan resolusi sekitar 600dpi hingga 2400dpi. Namun pada umumnya, Buku dan Majalah menggunakan 150dpi untuk mencetak fotografi pada lembarannya sedangkan surat kabar atau Koran sering menggunakan resolusi 85dpi.
Baca juga : Pengertian ADC (Analog to Digital) dan Cara Kerjanya.

Pengertian DPI pada Mouse

Pada saat kita membeli Mouse, salah satu spesifikasi yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah DPI pada Mouse komputer tersebut. Istilah DPI atau Dot per Inch pada Mouse ini adalah cara yang paling umum untuk mengukur sensitivitas Mouse. DPI pada Mouse ini pada dasarnya adalah mengukur kecepatan kursor mouse bergerak pada layar yang dalam kaitannya dengan jarak pengguna menggerakan Mouse.

Misalnya, jika kita menggerakkan mouse satu inci ke kanan dengan DPI rendah, lalu gerakkan mouse kita satu inci ke kanan dengan DPI yang lebih tinggi, kursor di layar akan bergerak lebih jauh pada contoh kedua (Mouse dengna DPI tinggi), meskipun jarak yang ditempuh oleh sensor mouse sama.

Agar lebih jelas, DPI sebenarnya adalah pengukuran hubungan fisik itu saja dan tidak mewakili presisi mouse atau keakuratan sensor. Semakin tinggi DPI, semakin cepat kursor bergerak dan tentunya kita akan merasa lebih sensitif.

pengertian dpi

DPI dan Sensitivitas

DPI dan sensitivitas sering dianggap memiliki hubungan yang erat. Bagi banyak pengguna, meningkatkan DPI mouse tampaknya membuat mouse lebih sensitif. Namun, ini sebenarnya adalah pengukuran yang berbeda. DPI adalah parameter untuk fisik perangkat keras mouse sedangkan sensitivitas biasanya ditentukan oleh perangkat lunaknya (contohnya pada sistem operasi seperti Windows atau Mac OS).

Kita dapat memiliki DPI rendah dengan sensitivitas yang tinggi atau sebaliknya. Namun, menaikkan sensitivitas pada mouse DPI rendah bukanlah solusi yang ideal. Saat sensitivitas perangkat lunak diminta untuk mengimbangi perangkat keras DPI rendah, pengguna mungkin mengalami kinerja tidak stabil ketika memperbesar targetnya atau mengalami kesulitan dalam melakukan pengeditan dalam program desain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*